Keindahan Air Terjun Madakaripura Penuh Legendaris Sejarah

Air Terjun Madakaripura merupakan lokasi wisata alam yang dapat menjadikan hari liburan anda lebih bermakna. Air Terjun Madakaripura memiliki keindahan alam yang sangat menyenangkan dan membuat  rasa tenang serta nyaman bagi para pengunjung. Panorama yang terdapat dalam kawasan wisata Air Terjun Madakaripura memiliki kreasi alam yang sangat mengagumkan para pengunjung. Yaitu dengan adanya indahnya pemandangan air yang jatuh dari ketinggian 200 meter bagaikan sebuah tirai yang dilindungi tebing-tebing kokoh dan tinggi.
Air terjun madakaripura  ini, ttermasuk salah satu  air terjun tertinggi nomor dua di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-Gura yang ada di Sumatera Utara. Tentunya air terjun yang jatuh dari ketinggian membuat penampilan lebih indah untuk dijadikan background saat berfoto ria. Air terjun madakaripura  yang ada di Jawa Timur ini dikenal sebagai “air terjun abadi”. Mengapa bisa dikatakan “air terjun abadi”? Karena curahan air yang mengalir ini dari atas ini tidak pernah berhenti.
Namun untuk mencapai pintu masuk ke air terjun para pengunjung harus melewati jalan bebatuan dan menyusuri aliran air yang mengalir disepanjang jalan. Dari tempat parkir untuk menuju ke lokasi Air Terjun Madakaripura memerlukan waktu sekitar 20 menit. Namun para pengunjung juga sambil menikmati hijaunya pemandangan dinding-dinding tebing di kiri maupun kanan jalan dan kesejukan udara yang sangat luar biasa. Sehingga selama perjalanan tidak terasa capek. Semakin dekat dengan lokasi air terjun para pengunjung disambut dengan suara gemuruh air yang semakin keras dan ramai. Sebelum perjalanan menuju lokasi air terjun ada baiknya para pengunjung menyiapkan  yang kedap air agar tidak kebasahan. Karena selama melintasi dinding tebing ada sedikit curahan air yang jatuh dari atas. Air Terjun yang terkenal dengan ketinggianya tertintinggi nomor dua di Indonesia ini, masih termasuk dalam kawasan wisata Taman Nasional Bromo – Tengger – Semeru. Lokasi kawasan wisata alam air terjun Madakaripura terbilang sangat dekat dengan lokasi wisata Gunung Bromo. Sehingga para pengunjung dapat menyempatkan diri datang untuk menyaksikan indahnya pesona alam di Gunung Bromo. Serta menikmati indahnya pemandangan matahari sore hari maupun pagi hari. Air terjun madakaripura juga merupakan tempat wisata alam yang memiliki nilai sejarah legendaris. Dimana air terjun tersebut digunakan oleh Mahapatih Gadjah Mada dari kerajaan Majapahit untuk tempat meditasi yang terakhir.
Menurut sejarah yang tertulis dalam kitab Negarakertagama, kawasan Madakaripura merupakan sebuah wilayah pemberian dari Raja Hayam Wuruk kepada Gadjah Mada. Sehingga untuk mengenang sejarah tersebut didirikan patung mahapatih legendaris dari Kerajaan Majapahit. Yang dapat disaksikan saat Anda memasuki lokasi air terjun. Kearifan lokal setempat mengatakan bahwa Air Terjun Madakaripura dijadikan Gadjah Mada untuk tempat meditasi yang terakhir kalinya. Air Terjun Madakaripura menurut keyakinan Jawa kuno merupakan tempat Gadjah Mada mendapatkan moksa, yakni kekuatan dapat menghilang dari muka bumi secara fisik dan spiritual. Tidak heran lokasi tersebut sampai saat ini dijadikan keyakinan adat jawa untuk bermeditasi atau bertirakat, khususnya pada malam tanggal 1 Syuro atau malam tahun baru 1 muharram. Rute Perjalanan Menuju Lokasi Wisata Alam Air Terjun Madakaripura Secara administratif, keberadaan lokasi wisata air terjun madakaripura terletak didaerah Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Agar perjalanan menuju kawasan wisata air terjun Madakaripura tidak bingung, para pengunjung dapat memanfaatkan aplikasi google maps. Berikut ini Peta Lokasi Wisata Air Terjun yang sudah tercantum dalam google maps
Perjalanan menuju lokasi wisata alam Air Terjun Madakaripura dari arah kota Surabaya dapat ditempuh selama sekitar 3 jam perjalanan. Rute perjalanan dari kota Surabaya menuju Probolinggo ini  adalah melewati rute Sidoarjo – Porong – Pasuruan – Probolinggo.

Komentar