Keindahan Pantai Tambakrejo yang Belum Banyak Diketahui

Berlibur ke tempat–tempat yang sangat indah dan menyenangkan merupakan keinginan oleh setiap orang. Apalagi tempat tujuan untuk liburan tersebut di tepi pantai, hal ini merupakan suatu moment yang dapat membuat pikiran lebih rileks kembali. Para wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik yang memiliki hobby dengan menikmati keindahan alam pantai, dapat berkunjung ke Pantai Tambakrejo Blitar. Pantai yang memiliki keindahan yang sangat fantastis ini terletak sekitar 30 km dari pusat kota, tepatnya di bagian selatan dari kota Blitar.
Jarak dari kota untuk menuju kawasan wisata Pantai Tambakrejo ini,  waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk menempuh sekitar 1 jam. Pantai Tambakrejo ini tepatnya terletak di daerah desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Penamaan nama Pantai Tambakrejo tersebut diambil dari nama desa setempat. Pantai Tambakrejo Blitar merupakan lokasi wisata yang menjadi tujuan utama wisatawan karena memiliki keterkaitan dengan sejarah Indonesia. Bagaimana tidak, blitar merupakan daerah yang penuh sejarah peninggalan Bapak Proklamator kita, yaitu Presiden pertama Indonesia Bapak Soekarno. Para pengunjung dapat menikmati indanya ombak air laut, serta bermain-main diatas luasnya hamparan pasir putih yang ada ditepi laut. Tempat pantai ini merupakan sangat cocok untuk berfoto ria yang dapat diabadikan bersama keluarga maupun pacar. Serta dapat menikmati indahnya pesona sunset di Pantai Tambakrejo Blitar akan hadir menyambut kedatangan para pengunjung. Tidak hanya itu, pengunjung juga dimanjakan dengan adanya fasilitas perahu untuk berkeliling disepanjang tepi pantai. Sehingga dapat memberikan kesan yang sangat menyenangkan bagi para pengunjung. Perahu yang telah disediakan tersebut dapat disewa dengan biaya yang sangat murah meriah, yakni per orang dikenai Rp 5 ribu rupiah. Sedangkan untuk memasuki kawasan objek wisata pantai tambakrejo ini hanya dikenakan tarif Rp. 2000 per orang.
Pengunjung yang memiliki banyak saudara dirumah juga dapat dibawakan beberapa oleh-oleh yang sangat khas, berupa ikan segar  hasil dari para nelayan setempat. Karena lokasi pantai juga merupakan tempat pelelangan ikan yang sangat murah meriah. Para wisatawan yang berasal dari luar daerah yang cukup jauh jangan khawatir, karena di kawasan wisata Pantai Tambakrejo Blitar telah didukung oleh beberapa hotel yang dapat dijadikan tempat penginapan oleh para pengunjung.
Para wisatawan dapat menyaksikan keunikan mistis pada Pantai Tambakrejo Blitar, dimana lokasi tersebut digunakan untuk upacara budaya Larung Sesaji oleh masyaraka adat setempat. Larung sesaji ini merupakan kegiatan prosesi ritual yang digelar setiap satu tahun sekali tepatnya pada tanggal satu suro / 1 muharram. Acara larung sesaji ini  diawali dengan menyuguhkan beberapa kegiatan tari-tarian untuk menggiring 2 tumpeng agung menuju pantai. tumpeng tersebut berupa nasi beserta lauk pauknya serta dihiasi dengan aneka ragam hasil bumi. Sebelum melepaskan larung sesaji ke laut, masyarakat adat setempat melakukan upacar doa bersama, yang dipimpin oleh sesepuh adat. Kegiatan ritual Larung Sesaji ini merupakan sebuah kepercayaan adat jawa setempat dalam memenuhi bentuk rasa syukur kepada Tuhan sekaligus melestarikan budaya adat setempat. Selain menikmati keindahan Pantai Tambakrejo Blitar para wisatawan juga dapat berkunjung ke beberapa wisata terpopuler yang ada di daerah Blitar di antaranya Makam Bung Karno, Istana Gebang, Water Park Sumberudel, dan Pantai Tambakrejo Blitar. Tentunya kawasan objek wisata pantai Tambakrejo membuat liburan anda semakin bermakna. Untuk itu gambaran tentang objek wisata pantai tambakrejo dapat menjadikan daftar referensi.

Komentar